Posted in Travelling

January : Mecca Medina ♥

Dear my love, WordPress, how are you? Hehe.. Inilah postingan pertama saya di 2016 !! Yeaay, finally got my energy back to start blogging after 3 months.. Banyak ceritanya, tapi sedikit kesempatan untuk bisa menulis.. Huhu..

enhanced-mid-13335-1429024178-2enhanced-mid-13335-1429024178-2

RPENN_expressyourself-ribbon4

b

Alhamdulillah, tahun 2015 kemarin saya tutup dengan penuh rasa syukur.. Hihi, jadi ceritanya saya berangkat ke tanah suci bersama keluarga.. Senang rasanya, karena perjalanan saya ini sempat tertunda 7 bulan.. Tertunda karena kurang persiapan dan terasa begitu grasa-grusu di bulan Mei sebelumnya.. Ada hikmahnya juga sih berangkat mundur sampai bulan Desember, karena saya bisa merasakan yang namanya musim dingin di negeri orang.. Meskipun tidak bersalju, tapi dinginnya et daah.. 😀

Bulan Desember – Februari adalah waktu yang paling ideal untuk berumroh.. Karena udaranya cenderung sejuk, walaupun terkadang menjadi sangat dingin.. Tapi bagi saya, beribadah di udara yang dingin jauh lebih nikmat dan khusyuk.. Hehe.. Hati dan pikiran lebih adem, apalagi di sana kita akan bertemu dengan orang-orang yang banyak macemnya.. Mulai dari yang main senggol tabrak, nginjek-nginjek dan enggak sabaran.. Kadang-kadang bawaannya suka bikin senewen, hehe.. Tapi karena udara yang sejuk sedikit banyak bikin saya lebih sabar dan enjoy aja :p

RPENN_expressyourself-ribbon4

Perjalanan menuju Saudi Arabia, saya tempuh selama kurang lebih 10 jam dengan maskapai Garuda Indonesia.. Jika teman-teman menggunakan maskapai ini, sudah dipastikan akan mendarat di kota Jeddah.. Karena Garuda Indonesia tidak boleh mendarat di bandara selain Bandara King Abdul Aziz Jeddah.. Dari Jeddah, umumnya jamaah umroh akan langsung diberangkatkan ke Madinah untuk beribadah terlebih dahulu di sana..

bandara jeddah

Perjalanan dari Jeddah ke Madinah ditempuh selama 4 jam.. Saya lumayan kelelahan karena flight dari Jakarta saja sudah delay almost 3 hours, ditambah 10 jam perjalanan di udara dan 4 jam menuju Madinah menggunakan bus cepat.. Sungguh perjalanan panjang yang melelahkan.. Namun sesampainya di Madinah, perasaan lelah itu berganti dengan rasa syukur dan senang bisa menginjakan kaki di kota hijrahnya Rasulullah SAW ini.

 masjid nabawi

Untuk saya, kota Madinah memberi kesan yang amat sangat mendalam.. Setiap orang yang pernah berkunjung ke Madinah pasti setuju dengan saya, hehe.. Pokoknya ada perasaan yang membuat kita betah berlama-lama di sana..  Meskipun kotanya penuh dengan gedung-gedung hotel yang menjulang namun tetap terlihat rapi.. Jalan dan trotoar yang bersih, semakin membuat saya bersemangat berkeliling di daerah sekitar Mesjid Nabawi..

Sewaktu jalan-jalan, patut coba beberapa makana seperti kebab seharga 5 Real, bisa ditemukan di mana saja.. Rasanya lebih authentic dan porsinya juga cukup lebay ♥ Jangan lupa juga mampir ke House of Donuts yang jual donut guede (karena emang guede banget) di  seharga 7 real, ada juga pilihan eclair isi fla 10 real yang yummy .. Murce dan mengenyangkan.. Apalagi udara dingin gitu, bawaannya pengen makan melulu.. hihi

jam masjid nabawi

RPENN_expressyourself-ribbon4

Di Madinah, kita tidak hanya akan beribadah di Mesjid Nabawi saja.. Kita juga akan berkunjung ke Mesjid Quba, mesjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW..  Pembina umroh saya bilang bahwa Rasulullah SAW pernah berkata jika kita solat di Mesjid Quba maka kita akan mendapatkan pahala setara dengan pahala menjalankan umroh.. 😀  Wah, nikmatnya menjadi seorang Muslim ..

 masjid quba

RPENN_expressyourself-ribbon4

Tiga hari sudah terlewati di kota Madinah, sekarang waktunya saya melaksanakan umroh di Masjidil Haram Mekkah.. Sebelum umroh, saya diharuskan melaksanakan mandi besar dan mengambil miqot terlebih dahulu, yaitu berihram bagi laki-laki dan melaksanakan solat sunah 2 rakaat.. Setelah berihram, kita tidak boleh melakukan beberapa pantangan seperti melakukan kegiatan yang menimbulkan hadas besar, menggigit kuku dan rontoknya helai rambut secara sengaja..

Ibadah umroh dimulai dari tawaf mengelilingi Ka’Bah sebanyak 7 kali, kemudian solat sunah di belakang Maqam Ibrahim.. Lalu, dilanjutkan dengan minum air zam-zam sambil menghadap Ka’Bah dan melaksanakan sa’i, yaitu berjalan dan lari-lari kecil sebanyak 7 kali bolak-balik dari bukit Safa ke bukit Marwah.. Setelah itu, kita akan memotong sedikit rambut atau tahalul pertanda ibadah umroh telah berakhir..

Rukun ibadah umroh tersebut biasanya dilaksanakan selama 3 sampai 4 jam.. Selama melaksanakannya, stamina dan kekhusyukan  amat sangat diuji.. You have to be ready both physically and mentally..

Detik-detik melihat Ka’bah untuk pertama kalinya, jantung saya serasa mau copot.. Kaki udah kayak ager-ager gak bisa berdiri dengan bener karena inget udah banyak dosa banget.. hehe.. Mungkin buat yang baca terkesan lebay, tapi beneran lho saya menitikan air mata.. Antara rasa syukur yang teramat banyak atau perasaan takut kena azab Allah atas dosa-dosa selama ini.. huhu.. Pokoknya, rasakan sendiri sensasinya ya teman-teman datang ke Baitullah!! Mudah-mudahan kita banyak rejekinya untuk pergi berumroh dan berhaji.. Aamiin.. 🙂

RPENN_expressyourself-ribbon4

Jutaan manusia berkumpul di Baitullah dan kita tidak melihat siapa mereka, apa warna kulitnya.. Kulit putih, coklat atau hitam.. Mereka berdoa menggunakan bahasa yang sama dengan saya..

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar

Masya Allah.. Merindiiing..

RPENN_expressyourself-ribbon4

Setelah berumroh dan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, saya juga diajak berkeliling di kota Mekkah.. Tempat-tempat yang biasanya dikunjungi adalah Jabal Rahmah.. Jabal Rahmah adalah tempat pertama kali Nabi Adam AS dan Siti Hawa bertemu di dunia setelah terpisah dan diturunkan dari surga.. Oleh karenanya, tempat ini kemudian dijadikan tempat untuk berdoa meminta jodoh bagi para jamaah yang berziarah ke sini.. Tempatnya berupa bukit yang berbatu-batu terjal dan terdapat monumen di atasnya..

jabal rahmah

Memintalah hanya pada Allah SWT.. Ya, karena masih banyak praktek syirik di Jabal Rahmah.. Misalnya, berdoa meminta-minta pada monumen lalu mengusap-usap monumen sambil menciumnya.. Pesan pembina umroh saya adalah tetap berdoa menghadap qibla.. Selain itu tetap jaga kebersihan ya, soalnya masih ada aja lho yang iseng coret-coret nulis Panjul ♥ Tuminem segala macem.. 😀 Katanya biar langgeng..  Gak di Indonesia gak di sono yee..

RPENN_expressyourself-ribbon4

Satu kota yang saya kunjungi sebelum pulang ke Indonesia adalah kota Jeddah.. Saya menghabiskan satu malam di sana.. Jeddah adalah kota perdangangan dan kota pelabuhan, lebih metropolitan dan sudah bukan Haram Area.. Kotanya sibuk dan macet, mirip Jakarta.. Biasanya di Jeddah, jamaah Indonesia akan diajak ke Corniche Center.. Tempat beli oleh-oleh yang lumayan kocak karena judul tokonya itu adalah Toko Ali Murah, dan ada juga yang dagang bakso namanya Bakso Mang Oedin.. Tempatnya mirip-mirip pasar mayestik gitu, jualannya segala macem oleh-oleh khas sana.. Parfum, baju koko, abaya, lipstik, kajal dan sebagainya.. Ada juga ceret emas.. Haha..

RPENN_expressyourself-ribbon4

Di Corniche Center saya lebih banyak strolling around.. Soalnya tempatnya enak untuk di explore.. Buat teman-teman juga jangan hanya stuck di Toko Ali Murah saja.. Untuk alternatif kita bisa bergerak ke arah lebih dalam, karena di sana juga terdapat toko-toko yang menjual sepatu olahraga branded dan gemstones lho..

nbc building

Untuk yang udah capek nungguin orang belanja, bisa juga lho cari tempat untuk sekedar duduk-duduk sambil ngasih makan burung.. Udaranya sejuk, tempatnya bersih.. Bener-bener “one fine afternoon at Corniche Center”

corniche center

Okay sekian dulu, berikut info lainnya untuk teman-teman yang hendak berumroh, semoga bermanfaat ya..

♥ Kota Madinah pasti selalu lebih dingin dibandingkan Mekkah.. Jaga kondisi tubuh supaya selalu fit dengan makan teratur dan banyak minum.. Biasanya jamaah Indonesia mengunjungi Madinah terlebih dahulu dan akan mengalami weather shock.. Nah di saat seperti itu biasanya terserang flu, lalu lanjut berumroh ke Mekkah dalam keadaan sakit dan pulang ke Indonesia langsung ambruk..(Unfortunately, those happened to my mom, huhu)..

♥ Jika berumroh di musim dingin, Vaseline adalah must have item.. Pengalaman saya kemarin, karena udara yang sangat dingin kulit wajah saya jadi super kering sampai cenderung “berkerak” dan bibir pecah-pecah.. Itu rasanya perih banget apalagi waktu kita hendak berwudhu.. Maka dari itu, oleskan Vaseline dan voila rasakan khasiatnya!!! Hehe, iklan banget.. Oiya,Vaseline bisa dibeli langsung di pharmacy store sana harga sekitar 15 real..

♥ Ketika beribadah, bawalah barang-barang yang diperlukan saja.. Banyak juga lho korban pick pocket, bahkan ketika kita sedang melakukan tawaf Ka’bah sekalipun.. Intinya adalah memang ketika kita ingin mengurusi urusan akhirat maka fokuslah beribadah dan tinggalkan urusan keduniawian.. Tinggalkan harta benda yang tidak perlu dibawa.. Uang secukupnya, tidak usah membawa dompet dan gadget..

♥Jika ingin membeli oleh-oleh, Madinah adalah tempat yang tepat.. Di sana barangnya lucu-lucu dan relatif lebih murah.. Scarf Made in India hanya 5 real dan gemstones nya juga juara.. Banyak juga pernik-pernik buatan Pakistan seperti tas dan pouch yang sangat khas.. Jika ingin membeli coklat isi kurma bisa beli di Zam-Zam Tower Mall, meskipun harganya relatif lebih mahal, tapi kualitasnya lebih terjamin, good packaging cocok untuk buah tangan dan yang terpenting adalah tanggal expirednya yang jelas.. Jadi makannya pun tidak was-was.. 🙂

RPENN_expressyourself-ribbon4

Akhirnya, sembilan hari di tanah suci tidak terasa sudah berlalu, waktunya saya pulang ke Indonesia.. Membawa pengalaman spiritual untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi (aamiin) serta cerita-cerita yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup saya.. Alhamdulillah !! See you on the next post!!

Love,

D4779E20035572AC7E2816A17121536E2

Advertisements

Author:

I do recycling, sewing, crafting – those are my passions that being destructed by office hours.. I’m ordinary but most time being distinguish and minority.. I don’t mind for being and looking ugly.. Because everybody’s ugly, they just pretend not to look ugly.. I watch people, their shoes and bags, sometimes I judge inwardly.. I’m little bit straight forward and I am not sorry for being straight forward.. I hear a lot.. I write words, my handwriting is adored by some friends.. I love taking pictures.. I prefer shoot than being shot, anyway.. Travelling sometimes, “mountains better than beaches” lately.. Be very fond of with smell of genuine leather, some vintage, rustic and traditional things..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s