Posted in Travelling

Mendadak Cirebon ♥

Not all those who wander are lost.” ~J.R.R. Tolkien, The Fellowship of the Ring

Hello..!!

Tiga minggu yang lalu dengan impulsive nya, saya dan teman beli tiket kereta ke Cirebon dan booking hotel disana.. So, cuma dengan klik klik tiket kereta PP dan hotel terpesan dan terbayar dalam 1 jam.. Bermodal itinerary asal-asalan, kita berangkat Sabtu pagi dengan kereta bisnis dari Gambir.. Enaknya jalan berdua, jadi enggak ribet dan enggak terlalu banyak keinginan.. ♥

b

Jam setengah lima sudah sampai Gambir, kepagian banget secara jadwal kereta saya jam 6 pagi.. Huhu.. Oiya keren lho sekarang Gambir punya mesin cetak tiket mandiri, jadi kita yang udah punya reservasi tiket online bisa langsung cetak boarding pass nya dengan scan barcode maupun masukin kode booking..

Hari masih gelap banget.. Ternyata Jakarta masih dingin ya jam segini.. Berkali-kali bersin karena cuma pake cardigan ala kadarnya.. Hehehe.. Jam 6 lewat 3 menit kereta saya berangkat.. Agak bingung juga kenapa keretanya agak jelek ya.. Kacanya burem jadi kurang asik mau liat pemandangannya.. huhu.. Untungnya pagi itu saya ngantug banget jadi gak begitu niat juga liat pemandangan.. hihi..

SP_HappyGoLucky_Stitching

Jarak tempuh Jakarta-Cirebon sekitar 2 jam 50 menit udah pake sekali berhenti di Stasiun Jatibarang.. Yeaaay, akhirnya sampai juga di Stasiun Kejaksan Cirebon.. Keluar kereta, wuiiih panasnya gak kuku banget padahal baru jam 9.. Saya dan teman jalan keluar stasiun sambil nyureng-nyureng karena panas hehe, katanya sih hotel kita gak jauh dari stasiun.. Nah, sempet planga-plongo deh disitu dan salah belok, tapi akhirnya baru tersadar ternyata untuk ke Hotel Amaris kita harus belok kanan dan letaknya gak sampe 3 kavling dari stasiun..

P1070810.

Alhamdulillah, sampe hotel kita boleh early check in jadi bisa mandi bebek dan ngegeletak dulu di tempat tidur.. Hehe.. Jam 10 teng dimulai deh menjalani itinerary asal-asalan.. Awal mulanya kita berdua sok tau mau ngeteng naik angkot, tapi kok sampai di sana malah bingung.. huhu.. Akhirnya jeng jeng jeng dateng lah our savior yang baik banget mau jadi tour guide kita, Mang Iman si Mamang Becak ♥ Dengan jurus ngapak-ngapaknya itu, kita di anter keliling kota Cirebon.. Horeeee…

~Keraton Kasepuhan~

Destinasi pertama kita adalah Keraton Kasepuhan.. Keratonnya bagus, bersih dan luas banget.. Sayangnya banyak yang maksa-maksa dikasih sedekah.. Kayaknya kalo keraton di Jogja gak seperti ini, jadi kemarin agak lumayan kaget gitu dengan orang-orang yang maksa tersebut.. Oiya, harga tiket masuknya Rp.20.000 per orang.. Dengan harga segitu, kita bisa menikmati keindahan Bangsal Keraton dan koleksi-koleksi lainnya di Museum Kereta Singa Barong dan Museum Benda Kuno..

P1070815  P1070816

Area tengah di Keraton Kasepuhan ini bener-bener adem banget.. Seharusnya enak buat duduk-duduk, namun sayang banget gak ada tempat duduknya.. Jadi orang-orang cenderung berlesehan aja di bawah, jadi gak rapi keliatannya.. Hehe..

Udara Cirebon panas sekali lho, jadi tepat banget untuk memakai baju lengan panjang.. Jangan lupa pake sunblock dan topi juga supaya gak terbakar kulitnya.. Matahari disini bener-bener lebay banget bikin gampang capek dan kehausan, jadi bawa minum juga menjadi suatu keharusan yaa..♥

~Keraton Kanoman~

Destinasi kedua kita adalah Keraton Kanoman.. Keraton ini blusukan banget tempatnya, harus melewati pasar yang super rame.. Untung ada Mang Iman si Mamang Becak yang lihai banget ngeles-ngelesin becaknya, hihi.. Sesampai di Keraton Kanoman, roman-romannya sepi bener dan gak jelas tempat jual tiketnya dimana.. Ya kita agak bingung gitu cari-cari  pintu masuknya sebelah mana (dan males nanya juga, haha).. Alhasil kita cuma mondar-mandir di halaman depan, liat gapura dan tembok-tembok yang dihiasi keramik-keramik cantik..

Jujur karena cuma mondar mandir di depan, kita jadi gak ngerti sejarah keraton ini.. Tapi kalau dilihat-lihat sih sepertinya ada perpaduan Hindu dan China di Keraton Kanoman ini ya.. Soalnya kalo diliat dengan seksama, keramik-keramik putih biru -nya made in china banget, hihi..

~Goa Sunyaragi~

Setelah ketidakjelasan di Keraton Kanoman, Mang Iman ajak kita ke Goa Sunyaragi.. Awalnya kita udah capek, lemes, lunglay banget secara itu jam 12 teng panasnya yuk banget.. Tapi pas masuk ke tempat wisata Goa Sunyaragi langsung ternganga-nganga.. Karena keren banget, asli parah.. hihi.. Yah gak jauh beda lah sama Sagrada Familia Church yang ada di Barcelona itu.. Tapi ya gak setinggi gereja itu juga yaa.. 😀 Bangunannya unik banget seperti istana yang kejatuhan lumpur.. Dan saya kadang-kadang berasa melihat tumpukan tengkorak yang ditumpuk-tumpuk.. Mungkin itu fatamorgana dan perspektif saja..

Harga tiket masuk tempat wisata Goa Sunyaragi adalah Rp. 8.000 per orang.. Pantesan dengan harga segitu banyak precil-precil putih abu-abu berkeliaran di sini.. Pacaran di dalem Goa atau di bawah pohon seakan-akan udah jadi hal yang mafhum di Goa Sunyaragi.. Yah enggak apa-apa sih kalo memang pacarannya untuk tau sejarah, tapi kalo yang na-ni-nuan kan jadi males soalnya saya malah jadi sibuk ciye-ciyein mereka.. haha salah fokus..

Di dalam Goa Sunyaragi juga ada pelataran super luas lho, kayaknya bisa dijadikan tempat untuk menggelar pertunjukan kesenian dan mungkin resepsi pernikahan 😀 hihi.. Tapi yah nasibnya sama dengan tempat-tempat wisata bersejarah lainnya, not well-maintained.. Kayaknya harus ada sentuhan pihak non-pemerintah deh, supaya tempat wisata kita tuh lebih banyak dikenal.. Bukan hanya sejarah dan cerita-cerita mistisnya aja tapi juga kebersihan, kelayakan dan keindahannya yang kita kenang dari tempat itu.. ♥ *azeg banget gue*

SP_HappyGoLucky_Stitching

Hari menjelang sore, perut udah melas-melas ngajak makan.. Akhirnya kita request untuk makan nasi jamblang yang super terkenal di perempatan Grage Mall itu.. Mang Iman si Mamang Becak dengan sigap mengantar kita, hebat dan sekaligus kesian banget nggenjot becaknya lumayan jauh, bibirnya sampe kering dan ngelupas gitu.. Yaudah kita traktirlah Mang Iman makan Nasi Jamblang Mang Dul sepuasnya, hehe.. Setelah kenyang makan nasi jamblang, kita balik ke hotel dalam kondisi hitam, tepar dan masuk angin becak haha.. Terima kasih banyak Mang Iman.. Pokoknya kita rekomendasiin deh Mamang Becak Hotel Amaris yang namanya Mang Iman, sabar banget orangnya 🙂

cats

c

Pagi-pagi setelah sarapan kita gak terlalu punya waktu banyak karena harus check-out jam 12.. Akhirnya kita cuma jalan-jalan cantik di sekitaran hotel yaitu Jl.Siliwangi.. Kalau hari minggu di jalan ini ada event Car Free Day-nya lho, jadi enak kalo mau jalan-jalan gak bising dan gak polusi.. Selintas Jl.Siliwangi di Cirebon ini mirip banget sama Jl.Sudirman -nya Jogja yang deretan Hotel Santika dan Phoenix Mercure itu.. Jadi kangen Jogja.. haha

Dari hotel kita jalan menuju Alun-Alun Kejaksan.. Sepi ternyata, enggak ada kegiatan apa-apa.. Cuma ada anak-anak SMA yang lagi latihan baris-berbaris..

P1070927 P1070929

Mentok dari Alun-Alun Kejaksan, kita balik lagi jalan ke arah hotel.. Daaaan surga banget karena pemandangan di Jl.Siliwangi itu adalah rumah-rumah kuno dengan halamannya yang luas dan banyak pohon gitu.. Ah enaknyooo kalo punya rumah model begini..

P1070932P1070933P1070924

Hmmm ternyata kita masih punya sisa waktu 2 jam, bingung mau ngapain akhirnya kita duduk-duduk ngeliatin kolam ikannya Amaris.. Anyway, kita puas banget bermalam di Hotel Amaris.. Rate per nightnya relatif murah, sarapan oke banyak pilihan, deket banget dengan Stasiun Kejaksan dan punya official becak hotel haha.. Recommended juga buat para pengunjung cewe-cewe karena hotel ini bukan tipikal hotel ehem ehem.. Aman dan nyaman lah ♥

cats

Ikannya pas dideketin malah kabur, kepiye tho!! Hehehe..

Suasana di halaman Hotel Amaris yang enak bangeet

SP_HappyGoLucky_Stitching

Nah ini Nia si augustyeoja travel mate saya yang sudah menemani suka duka perjalanan saya di Cirebon.. Besok udah Senin, pasti kita lemes deh ini besok kerja di kantor.. huhu ketemu lagi sama Pak Dani dan Mas Gun, haha..

Jam 12 kita check out hotel dan jalan panas-panasan lagi ke Stasiun Kejaksan.. Sebenernya dalam hati nyesel juga gak sempet cobain Empal Genthong Mang Dharma, empal genthong termahsyur se-Cirebon itu lho.. Eeeh pucuk di cinta ulam pun tiba, biar kata bukan Empal Genthong-nya Mang Dharma ternyata di stasiun ada kios empal genthong juga… Dengan harga 36.000 rupiah kita udah dapet 2 nasi putih padet porsi jumbo dan 2 mangkok empal genthong kebanyakan daging.. Nyaaam

c

SP_HappyGoLucky_Stitching

Sebelum meninggalkan Cirebon kita puas-puasin foto di Stasiun Kejaksan.. Stasiunnya bagus banget siiih, bersiiih dan photogenic banget.. Difoto dari sudut manapun dengan lowest skill pun tetep keliatan cakep.. 😀

Pulangnya mantep banget karena naik kereta kelas eksekutif-nya Argo Jati.. Bersih dan nyaman kursinya.. Aaaah, lain kali kalo mau perjalanan kereta lagi sepertinya lebih recommended untuk naik yang eksekutif karena harganya pun gak beda jauh.. Selisih harganya sekitar 40.000-50.000 rupiah tapi kenyamanan perjalanannya dua sampai tiga kali lebih tinggi dibanding dengan kelas bisnis.. Ternyata naik kereta bisa senyaman naik pesawat yaah, hehe ♥

So my story about sudden trip to Cirebon is up to here.. Thankyou for reading my post.. Semoga ceritanya ini enggak membosankan yah!! Dan mudah-mudahan bisa balik lagi ke Cirebon, karena masih banyak tempat-tempat yang belum saya kunjungi dan makanan-makanan khas yang gak sempat dicicipi.. ♥

Love,

D4779E20035572AC7E2816A17121536E2

Author:

I do recycling, sewing, crafting – those are my passions that being destructed by office hours.. I’m ordinary but most time being distinguish and minority.. I don’t mind for being and looking ugly.. Because everybody’s ugly, they just pretend not to look ugly.. I watch people, their shoes and bags, sometimes I judge inwardly.. I’m little bit straight forward and I am not sorry for being straight forward.. I hear a lot.. I write words, my handwriting is adored by some friends.. I love taking pictures.. I prefer shoot than being shot, anyway.. Travelling sometimes, “mountains better than beaches” lately.. Be very fond of with smell of genuine leather, some vintage, rustic and traditional things..

2 thoughts on “Mendadak Cirebon ♥

1. Hihihi Allow Saya Travel mate yg punya Blog ini,, hihi ^^
    Kayaknya harus saya share juga “behind the scene” perjalanan Mendadak Cirebon dari saya hohoho… Bagaimanapun seru lah ke Cirebon,,,