Posted in Culinary, Thoughts and Sense, Travelling

My Heart Left in Jogja

“It’s not necessary to go far and wide. I mean, you can really find exciting and inspiring things within your hometown.” ~Daryl Hannah

free digital stamp_swing silhouette

Soo.. Hello June.. It’s been almost a year in wordpress.. Posted some craft things, traveling experiences even cheesy things.. Really love to stay tuned here.. Keeping up my blog, sharing yesterday for tomorrow’s reminder.. ♥ Hopefully, next days will bring another experience, places to visit and one to be loved.. ♥ Amin

RPENN_expressyourself-ribbon4

Jumat kemarin, hari yang dinanti telah tiba.. Perut terasa lucu dan plenyek-plenyek karena mau pergi liburan ke Jogja.. Actually, this was not fully holiday.. Because, it was an important wedding to be attended.. My cousin’s!! So excited since it would be my first experience to take part into such traditional wedding.. My mom said it would be one of a kind, authentic and really njawani..

Udah siapin kamera dan beberapa pcs baju, packing-nya gak begitu banyak karena sekarang udah mulai terbiasa packing ringkes.. Intinya siapin space banyak di koper untuk oleh-oleh.. Hehe.. Walopun ada acara penting, cuci mata dan berburu souvenir murah tetep jadi prioritas walopun yang kedua.. Hihi..

b

Yes, I catch earliest morning flight to Jogja.. Unfortunately, the consequence was to got up soooooo early in the morning.. 3 Am, me and my mom already busy leaving home, heading to airport.. Sleepy, morning sick and sneezing greeted me as always.. Aaaa, I was really want to arrive there soon.. ♥

aThis was my view during the flight.. Sun peeked within the morning clouds.. I took this picture while my eyes half opened because this sleepy head was unbearable.. But, it was just nice .. Couldn’t disagree anymore..

 

Sampai disana jam setengah 7 pagi, karena ibu nggrendel banget alias banyak bawaan akhirnya kita naik taksi sampai hotel.. Tadinya mau naik trans Jogja, cuma 3ooo rupiah aja.. Tapi kasian ibu, kayaknya udah kliyengan karena bangun terlalu pagi.. Aaah seneng banget udah sampe Jogja.. Sangat menikmati perjalanan dari airport ke hotel.. Jalan Solo, Sudirman trus Tugu.. Hemmm perut jadi terasa lucu dan plenyek-plenyek lagi karena girang..

Alhamdulillah di hotel dapet early check in jadi boleh langsung masuk kamar dan sarapan.. Yaudah sarapan yang banyak biar perut nya kenyang trus nyambung tidur lagii.. hihi.. Jadi kan makin enak badannya, mau lala-lili ke malioboro gak begitu capek setelah istirahat.. Recharge energy, yeay..

 RPENN_expressyourself-ribbon4

Malemnya, berkunjung ke rumah mba Ayi, yang akan punya hajat.. Lucuu bangeeet!! Pagar depan rumah dipasangin janur kuning, padi, pisang raja, tanaman-tanaman, buah kelapa.. Macem-macem.. Ternyata ini yang namanya bleketepe, orang Jawa pasang ini sebagai tanda mau hajatan menikahkan anak perempuannya.. Seru ya..

c

Eeh di dalam rumah pun gak kalah seru, karena lagi siapin udhik-udhik .. Udhik-udhik itu seperti lambang berbagi kebahagian, isinya biji-bijian, uang logam dan bunga.. Masing-masing bermakna sesuatu seperti kesejahteraan dan rezeki..

b

Ini namanya udhik-udhik .. Malam hari ini, kita lagi bersihin biji-bijiannya dari biji-biji reject .. Supaya nanti saat disebar sewaktu resepsi, semua orang bisa dapet biji-biji yang bersih.. Ohiya, kalo di tanah Sunda, udhik-udhik biasa disebut juga sebagai saweran..

 

c

Enaaak banget yah, pagi-pagi bangun dan menyadari kalo sekarang hari Sabtu dan lagi di Jogja.. Coba setiap hari kayak begini, pasti semangat terus meskipun sehari menjadi 30 jam sekalipun.. Hehehe.. Bangun langsung mikir, “Mau kemana ya Sita hari ini?” Oke, ke malioboro lagi deh, secara belum puas kemarin disana.. Akhirnya jam 9 berangkat sendirian kesana.. Entah terlalu mandiri atau merasa Jogja sebagai kampung halaman ya.. Jalan-jalan sendiri tapi gak merasa kuatir sama sekali.. 1 kilometer lebih jalan di malioboro ditelusuri.. Keluar masuk toko, nyanyi-nyanyi kecil dan ngalungin kamera – udah kayak turis aja.. Matahari terik, tapi gak takut menghitam.. Gapapa.. “It still morning, sunlight is still friendly for your body!” Sekalian meredam morning sick.. Sambil nggembol air minum.. Asyik banget..

Gak terasa, udah 4 jam.. Gila, kuat banget.. Air minum udah abis, mata udah eneg dimanjain dengan souvenir murah disana.. Masih pengen lanjut ke museum batik yang deket Vredeburg Castle, tapi please deh jam 3 kan ada acara siraman.. Jadi mau gak mau harus pulang.. I wouldn’t (and couldn’t) missed a single part of my cousin’s wedding..

RPENN_expressyourself-ribbon4

Acara siraman berjalan lancar.. Iseng-iseng ambil air sisa siramannya.. Katanya biar cepet-cepet ketularan nikah.. Hihi.. percaya gak percaya, tapi nyoba juga basuh-basuh cantik untuk wudhu.. Siapa tau berkhasiat dan cepet-cepet ketularan bahagia hihi.. Amiin..

d

Nah ini, Mba Ayi sedang siraman..  Cantik ya.. Bagian badannya ditutupi dengan rangkaian bunga melati.. Air siramannya berasal dari 7 mata air yang berbeda lho dan juga wangi karena ditaburi bunga 7 macam.. This tradition is just remarkable..

RPENN_expressyourself-ribbon4

Tradisi siraman dilakukan oleh mempelai wanita saja dan pasti dilaksanakan oleh sesepuh-sesepuh.. Sambil menyirami, sesepuh akan memberikan petuah dan doa bagi mempelai wanita dalam menjalani kehidupan berumah tangga.. Setelah menyirami, para sesepuh akan mendapatkan souvenir peralatan mandi seperti ini..

e

Kesibukan hari ini gak berhenti di acara siraman aja.. Malam sehabis Maghrib, keluarga mempelai laki-laki bersama rombongan datang ke rumah mempelai wanita untuk memenuhi undangan midodareni.. Sebenarnya acara ini seperti perkenalan antara keluarga besar.. Dimana mempelai laki-laki membawa berbagai seserahan untuk diberikan kepada mempelai wanita, lalu diterima oleh pihak keluarga besar wanita.. Waktu acara midodareni mempelai laki-laki tidak boleh masuk ke rumah lho, karena mempelai wanita sedang dipinyit dan didandani.. Hanya perempuan-perempuan dari keluarga pria yang boleh masuk ke rumah dan melihat mempelai wanita.. Katanya, untuk memastikan bener gak tuh yang sedang dipinyit adalah mempelai wanita yang akan dinikahi besok.. Hehe..

 

fMempelai pria, Mas Yudi dan rombongan keluarga ♥

RPENN_expressyourself-ribbon4

Di acara midodareni, mempelai wanita juga gak boleh tidur lho.. She must stay awake until mid night.. Supposedly said, in the night the goddess come to earth to give their beauty to the bride.. So, tomorrow the bride would be glowing and beautiful for its fullest.. ♥

g

Ini yang mau nikah yang sebelah kanan lho.. :p

 

d

Finally the day for my cousin was coming! Yeay.. All the girls woke up earlier for being dressed up.. Because the marriage ceremony started at 7 am.. We wore kebaya kartini, purple for the elders and green apple for the youngsters.. We did our hair too, it called gelung njowo .. Some elders put embellishment such as hair pin and flowers, in their bun.. Very pretty!!

Alhamdulillah.. The marriage ceremony run smoothly.. The groom was succeed in his ijab kabul with the bride’s father.. All people were relieved and here they are the newly wed.. Congratulation Mas Yudi and Mba Ayi ♥

h

Mas Yudi dan Mba Ayi pake baju dodotan.. Maksudnya seperti kemben yang dililitkan.. Lalu riasannya dengan paes ageng, yang diitem-itemin gitu lho jidat atasnya trus ditempel dengan emas pinggirannya.. Nah setiap ornamen yang digunakan oleh sepasang pengantin ini memiliki makna tersendiri yang sampai sekarang kayaknya belum sempet-sempet juga untuk dipahami.. hehe Tapi, pasti kesemuanya itu memiliki makna yang baik (pastinya)..

 

e

Hari Senin rasa Sabtu.. Hehe.. Enaknya kalo Senin cuti gak sumpek-sumpekan dengan Jakarta.. Mungkin enak tinggal di Jogja, ya.. Eh tapi gak tau juga sih.. Panasnya sama, malah lebih parah Jogja sepertinya.. Lagipula di Jakarta ada semua, tapi gak ada malioboro disini, gak ada sego kucing, angkringan.. aaah.. jadi enak mana ya?! Jakarta atau Jogja? :p

Ngomong-ngomong soal makanan.. Kemarin coba-coba mie lethek di deket hotel, di sekitaran jl.mangkubumi.. Sekeluarga rombongan jalan kaki kesana malam-malam.. Udaranya kering, enak jadi gak bikin masuk angin.. hihi.. Trus apa tuh mie lethek? Lethek itu artinya kusam, agak kotor, kumel.. hehe.. tapi cuma warnanya aja kok, kalo rasanya enaaak.. Mie lethek terbuat dari singkong dan dibuat tanpa pemutih, jadi warnanya agak kumel-kumel gitu..

h

Sampai di kedai Men N’deso, langsung pesen mie godog jawanya.. Ya ampun murmer banget ya ini sih.. Di sini masih dapet ya es jeruk 3000 rupiah.. Kalo di Jakarta 3000 itu teh tawar anget sepertinya.. Nah ini menunya :

g

Di menu ada wedang uwuh.. Uwuh itu artinya sampah, tapi bukan sampah yang digodog lho.. Tapi macam-macam rempah, saking macem-macemnya jadi dibilang uwuh.. hehe.. Berhubung malam itu sumuk banget jadi pesen es jeruk aja.. Wedang uwuh nya next time aja ya.. hihi..

k

Jeng..jeng.. ini yang dinanti-nanti mie lethek godog -ne wis mateng.. Pas dicoba srup srup seger banget kuahnya, tapi kok kurang asiin yah hmmm.. Ternyata beneran ya tanpa micin alias penyedap rasa, jadi taste-nya memang kurang mantap gitu.. Eits tenang dulu, soalnya di meja udah lengkap kecap asin, garam dan merica.. Jadi bisa kita tambahkan sesuai dengan selera.. Tuh liat mie nya lethek banget kayak cucian singlet hahaha.. Tapi icip icip enak juga, teksturnya mirip mie so’un tapi agak besar-besar.. Lincir-lincir sedep.. Yuk dicoba kalo ke Jogja sempetin dateng ke sini yaa.. ♥

j

 

f

Goodbye Jogja!! Aah.. Laziest day among five days before.. Why all those fun have to be ended so soon.. Back to routines, back to Jakarta.. Traffic and Kopaja are waiting for me.. Hahahaha.. Thanks Jogja for the warm-hospitality.. You always steal my heart.. Let me back there again next time..

RPENN_expressyourself-ribbon4

xPulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu.. Masih seperti dulu.. Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna.. Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu.. Nikmati bersama suasana Jogja.. ~Kla Project, Yogyakarta x

RPENN_expressyourself-ribbon4

a

 

Love,

D4779E20035572AC7E2816A17121536E2

Advertisements

Author:

I do recycling, sewing, crafting – those are my passions that being destructed by office hours.. I’m ordinary but most time being distinguish and minority.. I don’t mind for being and looking ugly.. Because everybody’s ugly, they just pretend not to look ugly.. I watch people, their shoes and bags, sometimes I judge inwardly.. I’m little bit straight forward and I am not sorry for being straight forward.. I hear a lot.. I write words, my handwriting is adored by some friends.. I love taking pictures.. I prefer shoot than being shot, anyway.. Travelling sometimes, “mountains better than beaches” lately.. Be very fond of with smell of genuine leather, some vintage, rustic and traditional things..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s